6 Tips Untuk Nama Domain Blog Yang Layak Anda Pilih





Bila dunia online bisa diibaratkan sebagai sebuah pasar, nama domain blog yang layak dipilih ibarat letak kios yang strategis di pasar tersebut. Semakin strategis letaknya (misalnya dekat pintu masuk), semakin besar peluang kios tersebut untuk dikunjungi banyak pembeli. Demikian halnya, semakin layak dipilih sebuah nama domain blog, semakin besar pula peluang untuk mendapat banyak pengunjung.


Lalu, apa saja ciri-ciri nama domain blog yang layak Anda pilih?

Di bawah ini adalah 6 ciri-ciri nama domain blog yang layak Anda pilih. Ciri-ciri ini adalah pendapat saya pribadi serta dari hasil penelusuran beberapa referensi terpercaya.

1. Pendek

Semakin pendek nama domain blog semakin baik. Umumnya tidak lebih dari 3 kata. Bila diibaratkan dengan medali di suatu kejuaraan, domain dengan satu kata adalah medali emas, domain dua kata adalah medali perak, domain 3 kata adalah medali perunggu.

selain itu, beberapa blogger top dunia juga menegaskan bahwa semakin pendek nama domain, semakin mahal harganya. Jika bisa diumpamakan, nama domain pendek Quotes.com berharga jutaan dolar, ProQuotes berharga ribuan dolar, ProQuotesNow berharga ratusan dolar, dan YourProQuotesNow.com berharga puluhan dolar.

Sebagian besar pengguna internet tidak melakukan bookmarks. Mereka hanya mengingat nama domain. Oleh karenanya, saat mereka hendak mengunjungi blog favoritnya, yang mereka lakukan adalah mengetikkan nama domain blog tersebut di browser. Jika nama domain blog bersangkutan panjang, tidak mudah diingat dan dieja, maka blog tersebut akan susah dituju.

Sebagai contoh, EntrepreneurshipMonetizasion.com. Nama domain ini akan sulit diketikkan di browser oleh orang yang tidak melek berbahasa Inggris.

Seperti kita ketahui, ada beberapa nama ekstensi domain. Lembaga atau organisasi cocok dengan ekstensi .org. Perusahaan yang menargetkan pasar spesifik akan meregister domain lokal (.co.uk, .id, .cn, dan lain-lain). Di luar kepentingan organisasi atau perusahaan tersebut, domain .com adalah yang terbaik karena paling banyak digunakan dan terkesan profesional.

Contoh nyata pentingnya domain .com dibuktikan oleh Darren Rowse. Ia membuat blognya di ekstensi .net (Problogger.net). Meskipun sudah begitu terkenal, banyak pengunjung yang masih salah menuju blognya karena mengetikkan alamat blog di ProBlogger.com. Dua tahun semenjak ProBlogger.net dibuat, blogger asal Australia ini akhirnya memutuskan membeli ProBlogger.com (yang telah dimiliki orang lain) seharga $ 5,000 dan mengarahkannya ke ProBlogger.net.

Deskriptif artinya memberikan gambaran yang jelas mengenai blog atau website bersangkutan. Contohnya seperti berikut. Anda ingin tahu movie review terbaru dan mengetikkan kata kunci tersebut di Google.

Urutan pertama adalah mrqe.com dan urutan ketiga adalahthebestmoviereview.com. Yang mana yang akan Anda klik terlebih dahulu?

Domain jenis ini biasanya dibuat dari kata-kata unik atau menggunakan kombinasi kata kunci. Terkadang nama domain ini tidak deskriptif. Selain itu, biasanya pemilik domain ini adalah orang-orang terkenal. Contohnya adalahSEOMoz.com yang dimiliki Rand Fishkin (pakar SEO kondang) atauDoshDosh.com yang dimiliki Maki (salah satu blogger kondang dunia).

6. Tidak memilki kata sambung dan nomor
Banyak blogger dunia mengatakan bahwa domain yang memiliki kata sambung dan nomor memiliki dua kelemahan dasar. Dua contoh berikut menjelaskan alasannya.

Tech-World.com: orang bisa saja lupa mengetikkan kata sambungnya sehingga akan mengetikkan TechWorld.com.

Tech5.com: angka lima ini akan membingungkan karena bisa saja orang mengetikkan TechFive.com sehingga akan salah alamat.

Kasus Coolest-Gadgets.com merupakan bukti kelemahan domain yang memiliki tanda sambung. Blog ini adalah salah satu blog populer yang membahas gadget. Namun, banyak orang yang lupa mengetikkan kata sambung di browser bila akan menuju blog tersebut, sehingga salah alamat ke CoolestGadget.com. Karena tidak mau kehilangan pengunjungnya, pemilik Coolest-Gadget.com membeli blog saingannya tersebut.

Itulah 6 ciri nama domain blog yang layak Anda pilih. Jangan khawatir jika nama domain blog Anda sekarang tidak memiliki salah satu dari keenam ciri tersebut. Keenam ciri di atas tetap bisa menjadi panduan Anda saat membeli nama domain untuk blog baru Anda.

Semoga bermanfaat.


Artikel Yang Disukai :



 
Copyright © ANEKA TIPS TERBARU | Powered by Blogger