TIPS Menjadi Pemimpin Berwibawa dan Berkharisma

TIPS Menjadi Pemimpin Berwibawa dan Berkharisma 

Menjadi seorang pemimpin merupakan anugrah yang sangat luar biasa. Walaupun pada dasarnya semua manusia adalah pemimpin minimal pemimpin bagi dirinya sendiri, tetapi menjadi pemimpin untuk orang lain merupakan tanggung jawab yang besar yang tidak semua orang mampu melakukannya. 


Cara Menjadi Pemimpin yang berkharisma

1. Pemecah masalah.
Seorang pemimpin harus mampu memberikan solusi yang cerdas. Terkedang Anda perlu keluar dari kebiasaan demi menemukan pemecahan masalah organisasi atau keluarga.

2. Berpandangan luas
Saat Anda memecahkan masalah, Anda mungkin melihat suatu pola, dan bertanya-tanya jika banyak dari masalah tersebut adalah gejala dari masalah yang lebih besar. Memberikan sudut pandang lebih luas daripada anggota menjadi nilai lebih sorang pemimpin. Ketika anggota Anda melihat rumah dari sisi depan, maka Anda harus mampu melihat rumah dari dalam, samping, atas, maupun dari bawah.

3. Proaktif
Jika Anda punya ide-ide dalam pikiran Anda tentang apa mas, Anda mungkin dapat memprediksi masalah yang akan muncul sebagai hasilnya. Daripada menunggu masalah tersebut muncul, ambil langkah-langkah untuk mencegahnya. Jika Anda tidak bisa mencegahnya, maka Anda dapat setidaknya mempersiapkan diri. Seorang pemimpin yang baik mengambil tindakan efektif untuk mencegah dan menciptakan situasi sebelum masalah benar-benar terjadi

4. Bertanggung jawab dari sebuah keputusan
Terkadang setiap keputusan yang diambil seseorang tidak sesuai denga harapan. Maka Anda harus berani tampil di depan jika hal tersebut merupakan keputusan Anda. Anggota Anda akan merasa diayomi dan nyaman dengan keberanian Anda dalam mengambil tanggung jawab. Jadilah orang pertama dalam mengambil tanggung jawab.

5. Berbagi visi
Cara menjadi pemimpin kelima adalah berbagi visi. Sebagai seorang pemimpin, Anda dapat melihat masalah lebih besar dalam sudut pandang yang lebih luas. Untuk mendapatkan orang yang dapat membantu Anda dalam mengubah hal-hal, Anda perlu berbagi visi positif dengan mereka. Menginspirasi mereka. Memotivasi mereka. Membimbing mereka. Tunjukkan pada mereka bagaimana tindakan mereka membawa orang lebih dekat impian mereka.

6. Ingat, semuanya bukan karena Anda
Perlu Anda pahami bahwa setiap kesuksesan yang diperoleh, bukan karena Anda seorang melainkan karena sebuah tim yang solid di bawah kepemimpinan Anda. Anda bukan siapa-siapa tanpa dukungan dari anggota Anda. Orang bijak mengatakan bahwa “Seorang pemimpin yang terbaik adalah ketika orang hampir tidak tahu eksistensinya, ketika pekerjaannya selesai, tujuannya terpenuhi, mereka akan berkata: kami melakukannya sendiri”.
Demikian cara menjadi pemimpin yang berwibawa. Semoga bermanfaat

Sumber: http://carasukses.net


Artikel Yang Disukai :



 
Copyright © ANEKA TIPS TERBARU | Powered by Blogger